16 Jenis Minyak Alami untuk Perawatan Kulit

Banyak sekali jenis minyak alami yang mengandung banyak manfaat khususnya untuk kulit, mulai dari minyak argan hingga minyak kelapa, kebanyakan kita hanya mengenal 2 jenis minyak alami yaitu minyak kelapa dan minyak zaitun, bahkan jarang sekali orang mengenal minyak argan.

Dari 16 jenis minyak alami ini minyak argan merupakan minyak yang bisa dibilang langka, karena tidak sembarang tempat bisa menghasilkan minyak argan, minyak ini hanya tumbuh di negara Maroko, iya, minyak argan tidak bisa tumbuh ditempat lain.

minyak argan


dari 16 jenis minyak alami ini dapat dikelompokkan lagi menjadi 4 kategori perawatan kecantikan kulit seperti, anti-aging, moisturizing, problem solving, dan calming & repairing.

Anti-Aging

Pada kategori anti-aging ini terdapat 4 jenis minyak alami, diantaranya adalah Minyak Argan (Argan Oil), Acai Oil, Flaxseen Oil dan Sea-Buckthorn Oil.

Minyak Argan : disebut juga minyak ajaib atau moroccan oil, kaya vitamin E dan esensial fatty acid (asam lemak)

Minyak Acai (Acai Oil) : Kaya akan antioksidan, yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas yang berbahaya bagi kulit.

Flaxseed Oil : Kaya kandungan omega 3, 6, 7, dan 9

Moisturizing

Pada kategori ini jenis minyak yang bisa dipakai adalah Minyak Zaitun (Olive Oil), Coconut Oil (Minyak kelapa), Brazil Nut Oil, Avocado Oil.

Minyak Zaitun : Kaya vitamin A dan E yang berkhasiat untuk meregenerasi sel kulit baru dan memperbaiki kulit.

Coconut Oil : minyak kelapa membantu mengurangi/membasmi bakteri pada kulit

Brazil Nut Oil : Kaya akan antioksidant untuk kulit

Avocado Oil : Kaya akan Vitamin, asam lemak dan anti oksidan khususnya vitamin E

Problem Solving

Pada kategori ini jenis minyak alami diantaranya adalah Tea Tree Oil, Rose Hip Seed Oil, Grape Seed Oil dan Peppermint Oil

Tea Tree Oil (Pohon Teh) : Mengandung antiseptik untuk membantu menghilangkan jerawat

Rose Hip Seed Oil : Mengurangi penampakan bekas luka, luka bakar dan stretch mark.

Grape Seed Oil : Membantu membuat kulit lebih terang dan meratakan warna kulit

Peppermint Oil : Mengurangi kemerahan melalui sifat anti-inflamasi

Calming & Repairing

Pada kategori ini minyak alami diantaranya adalah Chamomile Oil, Black Current Oil, Evening Primrose Oil, Carrot Seed Oil.

Chamomile Oil : Sifat anti-inflamasi yang dimiliki bunga chamomile dapat membantu mengatasi masalah jerawat, eksim, psoriasis, sunburns, ruam, dan iritasi kulit lainnya.

Black Current Oil : Ampuh mengurangi efek radikal bebas pada tubuh.

Evening Primrose Oil : Mengobati gangguan dan penyakit kulit seperti panu, jerawat, kutu air, eksim dll.

Carrot Seed Oil : Mengencangkan kulit, kaya vitamin A, membantu dalam penyembuhan dan pencegahan eksim, dermatitis, psoriasis, luka kulit, ruam dan penyakit kulit lainnya