Minyak Argan vs Minyak Zaitun, dan Manfaatnya

Memiliki kulit yang sehat dan rambut yang berkilau adalah dambaan semua orang, terutama sekali kaum hawa. Berbagai jenis perawatan dan usaha dilakukan untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Mulai dari produk yang alami hingga kimia banyak menawarkan khasiat kulit putih mulus dan rambut sehat berkilau. Mulai dari produk yang menjanjikan hasil dalam waktu singkat hingga produk yang menjanjikan hasil yang bertahap telah memenuhi rak lemari rias setiap perempuan.

Salah satu persembahan alam yang memiliki banyak manfaat untuk menyehatkan kulit yang telah berabad-abad digunakan adalah minyak zaitun. Minyak zaitun digunakan tidak hanya untuk kecantikan tapi juga digunakan di dapur dan di klinik kesehatan. Untuk kecantikan minyak zaitun telah terbukti mampu mengatasi berbagai masalah pada kulit dan rambut. Mulai kulit kering, berjerawat, rambuh rontok dan rambut kering.

Begitu juga dengan minyak argan, minyak argan telah digunakan selama berabad-abad, beberapa studi ditemukan bahwa pohon ini telah ada bahkan 1.5 milinium sebelum masehi. Minyak argan menawarkan khasiat yang sama dengan minyak zaitun untuk kecantikan kulit dan rambut.
Lalu mana yang lebih baik, minyak zaitun atau minyak argan?

Minyak Argan

Minyak argan disebut juga “minyak emas”, bukan karena langkanya, tapi karena memang khasiat dari minyak argan yang mampu membuat kulit begitu cantik dan berkilau. Apa yang membuat minyak aragan begitu fenomenal hingga banyak artis terkenal yang menggunakannya?
Minyaka argan mengandung tocopherols (vitamin E), vitamin A, omega 6 dan 9, phenol, carotene, squalene, dan asam lemak. Kandungan asam lemak pada minyak argan terdiri dari; Oleic 42.8%, Linoleic  36.8%, Palmitic 12.0%, Stearic 6.0%, Linolenic <0.5%.

Secara kandungan vitamin E, minyak Argan 2 hingga 3 kali lebih banyak dari minyak zaitun. Dengan metode ekstraksi tertentu minyak argan lebih tahan terhadap oksidasi dari pada minyak zaitun. Ini berarti minyak argan lebih tahan lama jika disimpan.

Sebagai kosmetik minyak argan dengan berbagai kandungannya tersebut memiliki manfaat untuk melembabkan (baik kulit atau rambut) dan menyehatkan kulit, mengatasi masalah jerawat dan menghilangkan bekas luka hitam pada kulit. Secara tradisional minyak argan juga digunakan sebagai obat luka bakar dan luka-luka ringan lainnya pada kulit.

Berikut infografik berbagai manfaat yang ada pada minyak argan.



Minyak Zaitun

Siapa yang tidak kenal minyak zaitun? Minyak zaitun diketahui oleh hampir semua orang sebagai minyak dengan sejuta khasiat, baik untuk kesehatan, memasak, dan kecantikan. Minyak zaitun bahkan digunakan untuk penerangan sebelum ditemukannya minyak bumi.

Dengan sejuta khasiat tersebut, minyak zaitun menyebar dengan luas di masyarakat seluruh dunia sebagai komoditas unggulan. Khususuntuk kecatikan, minyak zaitun telah banyak direkomendasikan oleh ahli kecantikan professional di seluruh dunia bahwa minyak zaitun adalah minyak yang baik untuk mengatasi masalah kulit.

Minyak zaitun mengandung asam lemak yang terdiri dari Oleic acid 55 to 83%, Linoleic acid 3.5 to 21%, Palmitic acid 7.5 to 20%, Stearic acid 0.5 to 5%, α-Linolenic acid 0 to 1.5%. minyak zaitun juga mengandung phenolic, vitamin E, vitamin K dan mineral.

Sama halnya dengan minyak argan, minyak zaitun telah digunakan untuk berbagai keperluan, untuk memasak, untuk obat, untuk kecantikan.

Untuk kencantikan, minyak zaitun menjadi rahasia kecantikan berbagai perempuan di seluruh dunia selama ribuan tahun. Minyak zaitun digunakan sebagai conditioner pada rambut, merawat rambut yang tipis, rambut bercabang, serta perawatan ketombe.

Pada kulit, minyak zaitun digunakan sebagai perlindungan antioksidan, untuk mengatasi kulit kering juga, membantu peremajaan sel kulit mati.

Berikut infografik kegunaan minyak zaitun sebagai kosmetik.