Apa Kata Ahli Kecantikan Kulit Tentang Minyak Argan?


minyak argan untuk kulit
Sedikit sekali orang yang akrab dengan minyak yang diekstrak dari biji kacang buah dari prohon argan ini (baca: bagaimana minyak argan diproduksi), apalagi pada khasiatnya yang luar biasa baik itu untuk kulit, rambut dan kuku. Ada banyak manfaat yang bisa diambil dari minyak argan untuk lotion pada wajah, tapi kegunaan itu akan berdampak secara maksimal dalam bentuk murni minyak argan. Minyak argan yang tersedia dalam bentuk murni memiliki khasiat untuk perawatan kulit, kandungan vitamin E yang tinggi serta kandungan fatty acid tak jenuh yang membantu mengatasi masalah kulit tertentu seperti jerawat dan kulit kering.

Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Argan?
Perawatan menggunakan minyak argan pada wajah dapat dilakukan secara langsung, seperti produk perawatan kulit pada umumnya. Bagaimanapun juga, diperlukan persiapan sebelumnya. Dengan mengikuti prosedur yang tepat, dapat meningkatkan hasil hingga maksimal.

Berikut prosedur yang harus diikuti untuk menggunakan minyak argan pada kulit wajah:

  • Mulai dengan menghangatkan minyak argan hingga hangat, tapi tidak panas.
  • Bersihkan kulit wajah dengan pembersih yang lembut dan keringkan menggunakan handuk hingga kering (tapi tidak terlalu kering, agar hasilnya lebih maksimal).
  • Ambil beberapa tetes minyak argan dan oleskan merata pada wajah sambil dipijat dengan lembut pada bagian yang dioleskan.
  • Biarkan minyak argan pada wajah beberapa menit agar meresap, minyak argan akan meresap dengan cepat pada kulit.
  • Anda bisa melanjutkan menggunakan perawatan wajah yang lainnya.


Manfaat Minyak Argan untuk Kulit Wajah


  1. Pelembab alami kulit - Perawatan menggunakan minyak argan pada wajah, membantu menyehatkan metabolisme pada sel kulit dan membantu kulit mendapatkan kelembaban alaminya, ini dikarenakan minyak argan mengandung Sterolin. Kandungan fatty acid tak jenuh pada minyak argan membuat kulit lebih lembut.
  2. Jerawat dan bekas luka jerawat - karena minyak argan mengendalikan produksi sebum (tumpukan minyak) (baca: jerawat sembuh dengan minyak argan), yang menjadi salah satu penyebab jerawat, minyak argan dapat mencegah munculnya jerawat baru. Kandungan vitamin E dan juga kandungan anti-oksidant membantu mengangkat sel kulit mati dan membantu meregenerasi sel yang baru, oleh karena itu, luka akibat jerawat bisa menghilang perlahan.
  3. Anti-aging - Ketika minyak argan digunakan di wajah, kandungan anti-oksidantnya mampu menyehatkan kulit dengan mencegah kerusakan akibat zat dari luar berupa polusi dan sinar UV. Zat tocopherol dan fatty acid berupa lioneic acid terdapat dalam minyak argan yang dapat melawan radikal bebas dan mampu meningkatkan elastisitas dan kekuatan sel kulit.
  4. Pembersih Makeup - minyak argan juga dapat berfungsi sebagai bahan alami yang efektif dan aman untuk membersihkan makeup, terutama pembersihan makeup bagian mata (liner dan maskara) karena minyak argan tidak perih jika mesuk ke mata.


Kegunaan Minyak Argan untuk Berbagai Jenis Kulit


manfaat minyak argan

  1. Kulit kering – Kegunaan minyak argan adalah juga untuk kulit yang kering, yaitu dengan menstimulasi kelembaban alami kulit. Selain menghirasi kulit, minyak argan juga mengurangi gatal dan pengelupasan kulit. Kulit kering memproduksi sebum dengan jumlah yang sedikit dan karena hal itu tidak bisa membuat kulit tetap lembab. Minyak argan menyeimbangkan produksi sebum (tumpukan minyak) pada kulit.
  2. Kulit sensitif – Kandungan minyak argan yang 100% natural tidak mempunyai efek samping yang berarti pada kulit sensitif, meskipun bergitu, peru juga dicoba terlebih dahulu dalam jumlah kecil untuk memastikan bahwa kulit anda tidak alergi. Minyak argan juga membantu beberapa kelainan kulit seperti eczema, psoriasis, dermatitis dan rosacea yang biasanya menjadi ciri kulit sensitif. Kemampuan penyembuhan yang dimiliki zat yang terkandung dalam minyak argan adalah anti-inflamasi seperti anti-oksidant dan vitamin E.
  3. Kulit berminyak  Seperti dijelaskan di atas bahwa minyak argan mengendalikan produksi sebum dengan menyeimbangkan kadar sebum pada porsi yang dibutuhkan kulit, agar tidak berlebih yang nantinya bisa menyebabkan jerawat.
  4. Kulit kombinasi  Kulit yang kompleks (kombinasi) menjadi gejala dari kondisi kulit yang disebut Seborrhea, dimana sebagian kulit wajah (seperi hidung dan dari) yang berminyak sedangkan bagian yang lainnya malah kering. Dengan minyak argan yang menyeimbangkan kadar minyak pada kulit dapat membantu masalah ini.


Ketika anda hendak menggunakan minyak argan, anda perlu hati-hati dalam memilihnya, minyak argan yang tidak murni akan mengurangi nilai manfaatnya. Anda bisa mendapatkan minyak argan di sini. Penggunaan minyak argan akan lebih maksimal jika digunakan secara teratur.